Kapolres Mentawai Hadiri Arahan Presiden Jokowi di IKN, Janjikan Transformasi Pola Kerja dan Komitmen Menuju Indonesia Emas 2045

  • Bagikan

Kabarpolisi.com, Kapolres Mentawai , AKBP Rory Ratno,A,SE,M.M,MTr, turut hadir bersama ratusan Kapolres dan Dandim se Indonesia, mengikuti arahan penting Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis, 12 September 2024.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh pimpinan TNI-Polri dari tingkat kota/kabupaten, provinsi hingga nasional ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Tidak sebatas untuk mengenal dan melihat wujud IKN, Presiden turut memberikan pengarahan khusus kepada 1.094 anggota yang hadir.
Utamanya 2 hal, (pertama) menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Kedua, mengenai pilkada serentak di bulan November,” kata Jokowi di IKN.
Jokowi meminta, kepada TNI-Polri agar menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Harapannya, kedua hal yang ditegaskan dapat berjalan aman dan lancar.
Pertemuan tersebut membahas strategi besar Indonesia menuju Visi Indonesia Emas 2045, dengan penekanan khusus pada peran strategis TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas nasional di tengah dinamika global yang kian menantang.
Jokowi menambahkan, hal lain yang juga harus menjadi perhatian TNI-Polri adalah soal kepindahan ibu kota ke IKN bukan hanya sekadar pindah gedung atau pindah istana. Namun lebih dari pada hal itu, yaitu mewujudkan keinginan besar dengan perubahan pola pikir, mindset, pola kerja, dan budaya kerja.
“Kita inginkan itu dari yang tidak efisien menjadi efisien, dari yang muter-muter menjadi cepat, ada target waktu dari yang berbelit-belit menjadi simpel dan sederhana. Sebab sudah sering saya sampaikan ke depan negara yang cepat akan mengalahkan yang lambat, bukan negara besar mengalahkannya negara kecil tapi negara cepat mengalahkan negara yang lambat,” pesan Jokowi.
Maka dari itu, Jokowi berharap saat pola pikir dan budaya kerja sudah berubah maka karakter dan kepribadian Indonesia maju dapat terbentuk mental bangsa yang maju. Jika tidak demikian, maka akan sulit bagi Indonesia bersaing dengan negara-negara lain.
“Semangat ini saya harapkan, bahwa sekembalinya dari IKN Nusantara semangat memperbaiki tata kelola, semangat memperbaiki manajemen birokrasi di TNI dan Polri agar TNI dan Polri semakin profesional,” Jokowi memungkasi.

SIMAK JUGA :  Bupati Amon Djobo Optimis Bisa Cegah Covid -19 di Alor Asal Satu Bahasa

.
AKBP. Rory Ratno dalam wawancara terpisah, menyatakan komitmennya untuk mengimplementasikan arahan Presiden tersebut.
“Arahan Presiden Jokowi sangat jelas. Tugas kita di Polri bukan hanya sekadar menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga berperan aktif dalam memastikan semua elemen masyarakat siap menghadapi tantangan global, termasuk dalam hal menjaga kestabilan politik dan ekonomi,” ungkap Rory.
AKBP.Rory Ratno yang dikenal dekat dengan masyarakat dan pelajar dimentawai ini menambahkan bahwa Polri akan terus bersinergi dengan TNI untuk menjaga keamanan nasional,
Sebagai Seorang Kapolres yag mengomandani daerah pulau terluar, ini merupakan tantangan bagi beliau dengan visi besar Indonesia emas 2045 .
Kapolres yang setiap minggu gemar berkumpul dengan pelajar dan masayarakat ini Berkeinginan besar menularkan perubahan pola pikir, mindset, pola kerja, dan budaya kerja.kepada generasi muda Mentawai dan beliau menegaskan Polri siap menjadi pelopor perubahan dan kemajuan untuk menyonsong Indonesia emas 2045.
(VAH)

  • Bagikan